Tuesday, 6 May 2014

Kalibrasi pH meter

Oleh : Vivi Ho


Awalnya mengira 1 bungkus pH Buffer Powder (utk kalibrasi pH Meter) itu hanya digunakan sekali pakai, ternyata bisa digunakan ber-ulang2..

Tipsnya sebagai berikut :

Powder terdiri dari : (A) pH6.86@25*C dan (B) pH4.00@25*C

Persiapan:(1) Siapkan wadah yang bisa penampung air > 250 ml air.(2) Siapkan juga wadah yg lebih kecil yg diameternya sedikit lebih lebar dari lebar pH meter.


Caranya:Langkah I1. Masukkan 250 ml Aquabidest ke wadah penampung (1) dan masukkan powder/ serbuk (A), larutkan..2. Masukkan ujung pH Meter ke penampung (2) yg masih kosong.3. Masukkan aquadest yg sudah dilaruti poder (A) dari penampung (1) ke penampung (2) sedikit demi sedikit sampai batas leher pH meter. Selanjutnya ikuti petunjuk cara kalibrasi sesuai tabel yang ada di bungkus masing2 powder..




Langkah II.Lakukan seperti langkah I terhadap powder (B)


* Masing2 sisa larutan dari penampung (1) masukkan kedalam plastik, tutup rapat dan simpan didlm kulkas untuk digunakan lagi saat kalibrasi selanjutnya..


Info dari teman..Moga2 ga bingung ngikutin petunjuknya ya by Herry Ho


Woto Mashuwoto Ini saya copas dr satu artikel yg mengupas ttg cara perawatan pH meter. Cara Penyimpanan ElektrodaJika tidak digunakan, ujung elektroda harus selalu tetap basah untuk mencegah membran pengukur pH menjadi kering dan menjadi tidak berfungsi. Elektroda glass tanpa gabungan dengan elektroda referensi biasanya tersimpan dalam larutan asam dengan pH sekitar 3,0. Dalam keadaan darurat, pengasaman air kran dapat digunakan, tetapi air suling atau deionized jangan digunakan untuk waktu yang lama karena air yang tidak mengandung ion akan 'menghisap' keluar ion dari membran elektroda. Elektroda kombinasi (glass membrane + reference electrode) lebih baik disimpan dengan merendam dalam larutan elektrolit (KCl 3M) untuk mencegah laruta elektrilit terdifusi keluar.


Sumber : https://www.facebook.com/notes/belajar-bareng-hidroponik-bbh/kalibrasi-ph-meter/283228958504858

No comments:

Post a comment