Monday, 5 October 2015

Catatan Penting Hidroponik 79 : PIPA PRALON SEBAGAI GULLY UNTUK PRODUKSI SAYURAN HIDROPONIK.

Oleh : Yos Sutiyoso


Bila larutan mengalir dalam pipa pralon, maka aliran larutan akan memusat ke tengah pipa, dan membuat ke dalaman yang tebal, kadang mencapai > 2 cm. Apalagi bila yang digunakan pipa pralon ukuran 2 inch. Kedalaman yang sedemikian itu tidak bisa disebutkan “film” lagi, mengingat yang dinamakan film adalah lapisan yang tipis, sekitar 3 mm.
Kedalaman hingga > 2 cm, menyebabkan oksigen terlarutnya hanya rendah saja, dan tentunya berpengaruh pada proses respirasinya, yang bertugas menghasilkan energi, yang kemudian akan digunakan untuk menyerap nutrisi oleh akar dari larutan yang mengalir. Sulit untuk sekarang mengkategorikannya sebagai NFT, singkatan dari “nutrient film technic”, karena ketebalan aliran airnya. Hasil produksi dari instalasi pralon jarang dapat mencapai ukuran yang mengesankan, biasanya agak kurus, jangkung, dan biasanya bolting, telah mengeluarkan tangkai bung yang menjulang ke atas.
Perhatikanlah bahwa semua akar berkumpul ditengah pipa, dan berdesak-desakan berebutan makanan, dan banyak yang kalah, sehingga tanaman tidak rata pertumbuhannya.
Kalau tanamannya tinggi, maka tanaman yang ditanam dalam pipa, sering doyong, dan pertumbuhan selanjutnya timpang keseimbangannya. Pipa kadang terbawa miring dan air akan tumpah keluar dari lubang tanam. Apalagi bila ditanam dengan sistem A, dengan harapan akan mendapatkan populasi yang lebih tinggi per m2, pertumbuhan akan a-simetris, sehingga sulit dalam pengepakan produk untuk delivery ke supermarket.
Kalau ukuran pipanya besar, dan kita memakai netpot, maka sering akar tidak bisa mencapai larutan, dan tanaman akan melayu. Untuk menolongnya, kadang digunakan wick, yang memperpanjang jangkauan hingga sekarang dapat menjangkau larutan di dasar pipa. Wick menyalurkan larutan ke atas, sangat tergantung dari cuaca. Bila RH (relative humidity) tinggi, misalnya menjelang, sedang, atau setelah hujan, maka tidak ada “negative pressure” pada tajuk, yang dapat menyedot air dari dasar pipa ke tayuk tanaman. Maka pada saat itu derajat pertumbuhan mendekati nol.
Untuk hobbyist, skala rumah tangga, pipa pralon cocok, dan banyak digunakan sebagai gully, dan dapat menghasilkan sayuran dengan ukuran yang lumayan. Untuk memberi kadar nilai oksigen-terlarut yang lumayan, maka sebaiknya diberi kelandaian, setidaknya sebesar turun 1 cm untuk tiap meter pipa. Dengan adanya kelandaian, maka akan ada aliran larutan, akan timbul riak-riak, yang akan meningkatkan butiran air merambah oksigen dari udara, dan meningkatkan kadar oksigen-terlarut.
Pipa pralon berbagai ukuran bisa didapat dengan harga miring, di tiap toko bahan bangunan, di setiap jalan besar, di tiap kota.

No comments:

Post a comment