Monday 5 October 2015

Catatan Penting Hidroponik 98 : SIASAT MENGEJAR JADWAL DELIVERY SAYURAN KE PELANGGAN.

Oleh Opa Yos Sutiyoso

Bayangkan, bila mendapat telefon dari misalnya suatu hotel, yang memesan 100 pak Kailan ukuran besar, untuk delivery dalam waktu seminggu, karena adanya suatu “event” di hotel tersebut, yang memerlukan sekian banyak Kailan untuk masakan tertentu. Ketika disurvey di kebun, nampak bahwa kalau cara perawatan tanaman dilakukan dengan biasa, order itu tidak akan dapat tertenuhi pada waktunya. Kecuali berpengaruh pada penghasilan, hal ini juga berpengaruh pada citra perusahaan hidroponik, yang ngakunya siap sedia sembarang waktu! Apa yang kita harus lakukan.
1. Karena matahari menentukan derajat kecepatan pertumbuhan tanaman, maka hendaknya diusahakan peningkatan intensitas cahaya matahari, misalnya dengan merinso atap plastik sebersih mungkin, mengingat semenjak berdirinya greenhouse belum pernah ada pencucian atap plastik.
2. EC (electro conductivity) yang biasanya 2,0 mS/cm, ditingkatkan menjadi EC 2,5. Malahan, kalau memiliki keberanian yang lebih, digunakanlah EC 3,0, dengn penuh kehati-hatian, karena pada level EC 3,5 ada nilai ambang keracunan (phytotoxicity level), disertai pengertian bahwa semakin tinggi dan mendekati nila ambang keracunan, efisiensi penyerapan hara sangat menurun, deminishing. Dengan kehati-hatian dimaksud, bahwa bila ada angin kering meniup dan RH/kelembaban nisbah menurun, maka kita turunkan sedikit EC ke zona aman.
3. Pada NFT dimana pada gully/talang diberlakukan kelandaian tangens misalnya 2 %, tingkatkan kelandaian menjadi 4 – 5 %. Larutan akan mengalir lebih cepat, berarti peningkatan ketersedianya nutrisi meningkat. Pun “film” larutan pada dasar gully, yang 4 mm tebalnya menjadi 3 mm, yang secara indirect meningkatkan oksigen-terlarut, yang akan berpengaruh positif pada respirasi.
4. Pada NFT berlaku anjuran curah/flowrate 1 liter/gully/menit. Dengan mengganti pompa airnya atau dengan menyetel “backflow”, flowrate diperbesar menjadi 2 liter/gully/menit. Dengan meningkatnya curah, potensi penyerapan nutrisi oleh akar meningkat.
Hasil akhir semua tindakan tersebut di atas, yang dilakukan secara sikron dan holistik/menyeluruh, maka waktu delivery yang diberikan seminggu, sebagian besar bisa terkejar, malahan mungkin terkejar dengan sempurna! Jelas, bahwa semua tindakan ekstra itu harus dilakukan dengan penuh perhitungan dan kehati-hatian.

No comments:

Post a Comment